11 Apr 2013

Gubernur Resmikan PT Jamkrida Jawa Barat

BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan “grand opening”  PT Jamkrida Jabar di Hotel Hilton, Jalan HOS Cokroaminoto Kota Bandung, Kamis (11/4) pagi. Hadir Deputi I Bidang Koordinasi Fiskal dan Moneter Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM, Kepala Kantor Bank Indonesia Bandung, Ketua DPRD Jawa Barat, Deputi Komisioner Pengawas Industri Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK), para Asisten Setda Provinsi Jawa Barat dan pimpinan OPD lingkup Pemprov Jabar.
 
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan sesuai dengan tujuannya, maka PT Jamkrida Jabar harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Jawa Barat.

Khususnya melalui tugasnya memberikan jasa penjaminan kredit dan permodalan yang sangat dibutuhkan para pelaku usaha, khususnya KUMKM. Demikian pula selain memberikan dampak yang luas, seperti tumbuhnya lapangan kerja baru juga memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daeran atau PAD. “Setelah melalui proses panjang, Alhamdulillah PT Jamkrida Jabar sudah bisa operasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut Heryawan menegaskan, dengan hadirnya PT Jamkrida Jabar, maka diharapkan mampu menumbuhkembangkan para wirausaha baru. Dengan demikian secara langsung dan tidak langsung memberikan lapangan usaha baru dan menekan angka pengangguran. Apalagi hal ini sesuai dengan kebijakan yang mengarahkan kepada munculnya para pengusaha baru di Jawa Barat. “Kita baru mencapai 0,8 persen dari populasi yang menjadi pengusaha. Idealnya adalah 4 persen. Di China sudah di atas 10 persen, Singapura sudah 8 persen dan Malaysia mendekati 4 persen,” tuturnya.
 
Sementara dalam sambutannya Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanegara meminta jajaran direksi PT Jamkrida Jabar bekerja profesional guna menghadirkan kinerja yang baik dan manfaat bagi masyarakat Jawa Barat. Disamping mengemban misi sosial membantu permodalan para pelaku KUMKM, juga dituntut memberikan manfaat atas keuntungan yang mungkin didapat. Diharapkan kehadiran Jamkrida Jabar mampu menggenjot kinerja KUMKM “Jamkrida Jabar harus mampu menyumbang keuntungan yang menghadirkan manfaat bagi masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.

PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Jawa Barat lahir melalui Peraturan Daerah Nomor 9/2011 tentang Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah. Dalam amanahnya mengemban tugas memberikan solusi mengembangkan dan memperkuat permodalan kegiatan usaha, khususnya koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM). Apalagi di Jawa Barat memiliki potensi usaha yang luar biasa, meliputi; koperasi 22.912 unit dengan anggota 4.576.978 orang, usaha kecil dan menengah 8.249.754 unit yang merupakan 99,98 persen seluruh pelaku ekonomi Jawa Barat.

Pada akhir acara, diserahkan Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nomor : Kep.05/D.05/2013 tertanggal 30 Januari 2013 yang ditandatangani oleh Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Firdaus Djaelani tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah kepada PT Jamkrida Jabar. Penyerahan Surat Keputusan dilakukan oleh Deputi Pengawas Industri Non Bank OJK kepada Direktur Utama PT Jamkrida Jabar. Turut menyaksikan Gubernur Jawa Barat dan Ketua DPRD Jawa Barat di hadapan ratusan hadirin lainnya yang memenuhi aula tempat acara.

sumber : http://www.jabarprov.go.id/index.php/news/6294/Gubernur_Resmikan_PT_Jamkrida_Jawa_Barat

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula.