23 Oct 2019

PRESS RELEASE SINERGI BISNIS BUMD PT JAMKRIDA JABAR – LEMBAGA KEUANGAN JAWA BARAT

Bandung, 15 Oktober 2019 – Memasuki tahun ketujuh operasional bisnisnya, PT Jamkrida Jabar terus berupaya melakukan beberapa terobosan aktivitas dan perluasan mitra demi meningkatkan kinerja Perusahaan. Beberapa mitra bisnis strategis yang berpotensi sinergi dengan bisnis penjaminan perseroan antara lain PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb), serta beberapa Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang dibina oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat antara lain PT BPR Karya Utama Jabar, PT BPR Artha Galuh Mandiri Jawa Barat Perseroda, PT BPR Intan Jabar, PT BPR Majalengka Jabar, PT BPR Wibawa Mukti Jabar, serta PT BPR Cianjur Jabar.

Sinergi bisnis antar BUMD di Jawa Barat ini bermula dengan kesepakatan kerja sama antara   PT Jamkrida Jabar dan bank bjb melalui kerja sama penjaminan Bank Garansi dan penjaminan Kredit Cinta Rakyat pada bulan April 2013. Pada tahun-tahun berikutnya, kerja sama pun terus ditingkatkan dengan disepakatinya Perjanjian Kerja Sama untuk Penjaminan Kredit Modal Kerja Konstruksi dan Pengadaan Barang/Jasa, Penjaminan Kredit Bank Perkreditan Rakyat, Penjaminan Kredit Segmen Koperasi Karyawan, Penjaminan Kredit Mikro Utama, serta Penjamian Kredit Komunitas Mikro (KOMIK). Sedangkan untuk kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR), PT Jamkrida Jabar telah membangun kerja sama Penjaminan Modal Usaha bagi KUMKM serta Penjaminan Kredit Pola Potong Gaji.

Atas dukungan yang baik dari seluruh pihak, kerja sama tersebut telah memberikan dampak positif tidak hanya bagi perusahaan terkait, namun juga secara umum telah membantu meningkatkan roda perekonomian di Provinsi Jawa Barat. Dampak positif ini dapat terlihat dari angka volume penjaminan yang mencapai Rp 11.650.239.361.299, terjaminnya 133.475 debitur KUMKM, serta terserapnya 1.997.798 tenaga kerja di Jawa Barat.

Dampak positif utama yang dihasilkan dari kerjasama ini adalah PT Jamkrida Jabar sebagai BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, alhamdulillah telah berhasil mencatatkan laba bersih yang baik, sehingga mampu memberikan dividen kepada para pemegang saham dengan total nilai sebesar Rp 7,75 Miliar. Maka dengan terbangunnya sinergi kerjasama antara PT Jamkrida Jabar dan tujuh lembaga keuangan di Jawa Barat ini, diharapkan dapat terus membantu aktivitas bisnis Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi, serta berkontribusi dalam meningkatkan kegiatan perekonomian di Jawa Barat.

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula.