27 Mar 2017

Pelaku KUKM Harus Manfaatkan Digital Marketing

ANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan,  pelaku koperasi dan UMKM Jawa Barat harus mulai memanfaatkan digital marketing dalam mengembangkan usahanya. Situasi  saat ini sudah berubah  sehingga dengan digital marketing semua akan semakin cepat, semakin mudah, semakin murah.

“Pelaku koperasi dan UMKM harus memanfaatkan digital marketing  khususnya dalam memasarkan produk-produknya. Era ke depan semua akan serba digital,” tutur Aher saat  membuka Seminar Digital Preneur, yang  digelar Ganesha Digital Academy di Graha Pos Indonesia Citarum Bandung, Senin (27/3).

Seminar Nasional Digital Marketing dengan Tema " Digitalkan Bisnis Anda Secara Instan"  menghadirkan para Praktisi Bisnis,  Pemprov Jawa Barat. Materi yang disajikan diantaranya, Strategi Pemasaran Digital, Peluang Bisnis Digital, Alat pemasaran digital yang efektif, - optimalisasi dengan teknologi chatbot dan automatisasi pemasaran dengam teknologi autoresponder

Aher pun menjelaskan, kehebatan digital marketing. Ia mencontohkan, pengalaman petani Ikan Koi di Cianjur. Awalnya petani tersebut menjajakan hasil ternaknya dengan menggunakan cara manual, yaitu dengan menggunakan papan tulisan biasa didepan rumahnya. Konsumen pun hanya masyarakat sekitar saja.

Ia pun  mulai memanfaatkan digital marketing, yang baru diperkenalkan oleh Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jabar. Alhamdulillah ia mampu memasarkan ikan-ikan lewat internet.


"Saya dapat cerita Petani koi, ketika ada anak kampus dibuatlah blog , sekarang pakai sosmed, luar biasa yang asalnya sulit Jumat, Sabtu, Minggu jadi pasar ikan dadakan," pungkasnya.

Sementara pada kesempatan ini pula dilakukan MoU antara Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat dengan Ganesha Digital Academy mengenai pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil di Jawa Barat oleh Kepala Dinas KUK Jabar, Dudi Sudradjat Abdurachim dengan pimpinan Ganesha Digital Academy.

sumber : http://diskumkm.jabarprov.go.id/index.php/news/aher-pelaku-kukm-harus-manfaatkan-digital-marketing

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula.