Sambutan Direksi Utama

Merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi PT Jamkrida Jabar untuk memikul amanah mulia dalam membantu penguatan permodalan kegiatan dunia usaha, khususnya bagi Koperasi serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. 

Besarnya potensi kegiatan dunia usaha di Jawa Barat tentunya harus menjadi perhatian. Sebagai bahan pertimbangan, jumlah Koperasi di Jawa Barat tercatat sebanyak 22.912 unit, dengan anggota sebanyak 4.576.978 orang. Jumlah Usaha Kecil dan Menengah tercatat sebanyak 8.249.754 unit, dan angka tersebut merupakan 99,98% seluruh pelaku ekonomi di Jawa Barat.

Dari kegiatan usaha tersebut, KUMKM memberikan kontribusi terhadap PDRB tanpa migas sebesar 60,86%. Dari jumlah tenaga kerja, sebanyak 15.027.594 orang dengan prosentase 87,12% tenaga kerja terserap di KUMKM.

Namun, besarnya potensi kegiatan usaha KUMKM tersebut seringkali menemui beberapa kendala walaupun KUMKM ini feasible. Mulai dari tidak adanya izin usaha resmi dan agunan, kesulitan memenuhi kriteria kredit yang ditetapkan oleh perbankan, serta suku bunga kredit yang tinggi, sehingga KUMKM tidak dapat mengakses ke dunia perbankan. 

Alhamdulillah, melalui Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 tentang Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah, PT Jamkrida Jabar mendapatkan amanah untuk membantu memberikan solusi bagi masalah ini, khususnya bagi Koperasi dan UMKM, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan pembentukan PT Jamkrida Jabar ini antara lain adalah untuk memberikan jasa penjaminan kredit kepada Koperasi dan UMKM, meningkatkan

kegiatan ekonomi di daerah, serta memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah.

Dalam melaksanakan tujuan tersebut, PT Jamkrida Jabar melakukan beberapa kegiatan usaha, antara lain : (a) Penjaminan Kredit Mikro; (b) Penjaminan Kredit Umum; (c) Penjaminan pinjaman yang disalurkan Koperasi kepada anggotanya; (d) Penjaminan Kredit Konstruksi dan Pengadaan Barang dan/atau Jasa; (e) Penjaminan Bank Garansi (Kontra Bank Garansi); (f) Surety Bond; (g) Penjaminan lainnya, sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

Dalam menjalankan kegiatan usaha ini, PT Jamkrida Jabar bekerja sama dengan mitra kerja yang merupakan target market, yaitu Lembaga Perbankan dan Lembaga Keuangan Non Bank lainnya.

Tak lupa Kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak, yang telah membantu PT Jamkrida Jabar sehingga dapat berdiri dan menjalankan operasional Perusahaan. Kami berharap, kehadiran PT Jamkrida Jabar ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang besar terhadap pertumbuhan kegiatan perekonomian daerah, serta membantu mewujudkan visi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, yaitu “Tercapainya Masyarakat Jawa Barat yang Mandiri, Dinamis dan Sejahtera”. Aamiin.

 

Login

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula.