Sejarah Perusahaan

PT Jamkrida Jabar berdiri tanggal 03 Oktober 2012 berdasarkan Akta No. 3 yang dibuat oleh Yuliani Idawati, SH., Sp.N., Notaris di Kota Bandung. PT Jamkrida Jabar merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bergerak di bidang Penjaminan Kredit, dalam rangka membantu KUMKM untuk mengakses permodalan ke lembaga keuangan bank maupun non bank.

 

LATAR BELAKANG

 

  1. Tumbuh kembangnya sektor ekonomi rill terutama KUMKM turut berkontribusi terhadap laju pertumbuhan ekonomi.
  2. KUMKM masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya yaitu terbatasnya akses terhadap sumber permodalan, khususnya yang berasal dari lembaga keuangan bank dikarenakan keterbatasan agunan.
  3. Pertumbuhan penyerapan kredit bagi KUMKM di daerah masih belum optimal, terutama untuk sektor produktif.

       

 

TUJUAN

Tujuan pendirian PPKD adalah untuk meningkatkan penyaluran kredit produktif dan peningkatan LDR dari BPD, Bank Umum, dan BPR yang terdapat di wilayah PPKD

Dari sisi pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap petumbuhan kegiatan perekonomian daerah.

Dari sisi social lingkungan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengentasan kemiskinan.

 

FUNGSI

 

  1. PT Jamkrida Jabar, dapat membantu dalam memenuhi persyaratan jaminan (collateral ) karena penjaminan kredit dapat berfungsi sebagai pengganti jaminan (collateral substitution)
  2. PT Jamkrida Jabar sebagai penjamin dapat meminimalisir risiko kredit melaui transfer risiko dari penerima jaminan, serta meningkatkan fungsi intermediasi perbankan, melalui peningkatan kapasitas kredit dan pembiayaan.
PT Jamkrida Jabar tidak hanya memberikan keuntungan materiil yang didapat oleh pemegang saham, tetapi juga keuntungan immaterial didapatkan oleh pihak lain.

 

 

PENDIRIAN

PT Jamkrida Jabar didirikan berdasarkan Akta Notaris : Yuliani Idawati No. 03 tanggal 03 Oktober 2012; disahkan menurut Keputusan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 9 Tahun 2011 tentang Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah Jawa Barat; Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Barat No. 19 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat tentang Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah Jawa Barat; Disahkannya Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan No. KEP.05/D.05/2013 tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Penjaminan Kredit kepada PT Jamkrida Jabar.

No. NPWP :31.625.184.2-422.000

 

CORPORATE VALUE

PEMEGANG SAHAM

Komposisi Pemegang Saham Per Desember 2015

 

  1. Pemerintah Provinsi Jawa Barat ................................................ 99,86%
  2. Yayasan Kesejahteraan Pegawai Bank bjb ................................ 0,14%

 

 

KEUANGAN

Komposisi Pemegang Saham Per Desember 2015

 

  1. Modal Disetor s.d. 31 Desember 2015....................................... Rp. 145.200.000.000,-
  2. Estimasi tambahan Penyertaan Modal s.d. 2017 ..................... Rp. 8.000.000.000,-

 

Login

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula.