Sejarah Perusahaan

 

PT Jamkrida Jabar merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 9 Tahun 2011 tentang Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah Jawa Barat dengan tujuan melaksanakan dan menunjang kebijakan Pemerintah Daerah di bidang pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (KUMKM) dengan jalan melakukan kegiatan Penjaminan Kredit, serta bantuan Manajemen dan Konsultasi.

PT Jamkrida Jabar didirikan berdasarkan akta Perseroan Terbatas No. 03 tanggal 3 Oktober 2012 yang dibuat di hadapan Yuliani Idawati, S.H., Sp.N., Notaris yang berkedudukan di Kota Bandung dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-56159.AH.01.01 tanggal 1 November 2012.

Dalam rangka pelaksanaan Penjaminan Kredit di Daerah Jawa Barat, PT Jamkrida Jabar mendapatkan Izin Operasional Nomor KEP.05/D.05/2013 tanggal 30 Januari 2013 dari Otoritas Jasa Keuangan yang pada saat itu baru beralih dari Bapepam LK. Perseroan juga telah mendapatkan pemeringkatan “idBBB-“ dari lembaga pemeringkatan PT Pefindo  sehingga  dapat  bekerja  sama  dengan  pihak perbankan sesuai Surat Edaran Bank Indonesia No. 13/6/DPNP tahun 2011 mengenai Aset Tertimbang Menurut Risiko.

 

TUJUAN

Tujuan pendirian PPKD adalah untuk meningkatkan penyaluran kredit produktif dan peningkatan LDR dari BPD, Bank Umum, dan BPR yang terdapat di wilayah PPKD. Dari sisi pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap petumbuhan kegiatan perekonomian daerah. Dari sisi social lingkungan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengentasan kemiskinan.

 

FUNGSI

PT Jamkrida Jabar, dapat membantu dalam memenuhi persyaratan jaminan (collateral ) karena penjaminan kredit dapat berfungsi sebagai pengganti jaminan (collateral substitution). PT Jamkrida Jabar sebagai penjamin dapat meminimalisir risiko kredit melaui transfer risiko dari penerima jaminan, serta meningkatkan fungsi intermediasi perbankan, melalui peningkatan kapasitas kredit dan pembiayaan. PT Jamkrida Jabar tidak hanya memberikan keuntungan materiil yang didapat oleh pemegang saham, tetapi juga keuntungan immaterial didapatkan oleh pihak lain.

 

PENDIRIAN

PT Jamkrida Jabar didirikan berdasarkan Akta Notaris : Yuliani Idawati No. 03 tanggal 03 Oktober 2012; disahkan menurut Keputusan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 9 Tahun 2011 tentang Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah Jawa Barat; Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Barat No. 19 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat tentang Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah Jawa Barat; Disahkannya Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan No. KEP.05/D.05/2013 tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Penjaminan Kredit kepada PT Jamkrida Jabar.

 

PEMEGANG SAHAM

Komposisi Pemegang Saham Per Desember 2018

Pemerintah Provinsi Jawa Barat ................................................ 99,86%

Yayasan Kesejahteraan Pegawai Bank bjb ................................... 0,14%

Modal Disetor s.d. 31 Desember 2018....................................... Rp. 153.200.000.000,-

Login

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula.